Pernyataan Istana Jelang Pelantikan Prabowo

6 min read

Pernyataan Istana Jelang Pelantikan Prabowo

Pernyataan
Pernyataan Istana Jelang Pelantikan Prabowo

BreakingNews – Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024-2029 Prabowo SubiantoGibran Rakabuming Raka dijadwalkan dapat digelar terhadap Minggu 20 Oktober 2024.

Tanggal berikut udah ditetapkan di dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2022 mengenai Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024.

Meski Prabowo-Gibran udah formal ditetapkan sebagai pemenang Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 oleh KPU terhadap 24 April 2024, keduanya belum bisa segera dilantik sebab wajib menunggu berakhirnya era jabatan presiden dan wakil presiden waktu ini.

Pelantikan presiden terpilih 2024 belum bisa dijalankan segera sehabis penetapan hasil Pilpres sebab tetap tersedia proses dan tahapan yang wajib dilalui. Saat ini, jabatan presiden dan wakil presiden tetap dipegang oleh Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin hingga era jabatan mereka berakhir terhadap Oktober 2024.

Pihak Istana pun angkat bicara jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024-2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka terhadap 20 Oktober 2024.

Salah satunya, Presiden Jokowi dipastikan dapat menghadiri pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka jadi presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Senayan, Jakarta.

“Insyaallah datang. Jadi Pak Presiden (Jokowi) sebenarnya sejak awal udah menyebutkan datang di pelantikan. So pasti lah, Pak Presiden datang di pelantikan nanti 20 Oktober,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 8 Oktober 2024.

Selain itu, Pratikno menyebut sejumlah kepala negara dapat menghadiri pelantikan Prabowo-Gibran. Pihak Istana juga sedang menyesuaikan soal pertemuan Prabowo dan para kepala negara sebelum akan pelantikan di DPR.

“Nanti kita sedang arrange (atur), sebab tersedia lebih dari satu tamu negara, kepala negara yang dapat datang (pelantikan),” kata Pratikno.

Berikut sederet pernyataan Istana jelang hari pelantikan Prabowo-Gibran.

Pastikan Jokowi Akan Hadiri Pelantikan Prabowo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat menghadiri pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka jadi presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Senayan, Jakarta. Pelantikan presiden dapat dijalankan terhadap 20 Oktober 2024.

“Insyaallah datang. Jadi Pak Presiden sebenarnya sejak awal udah menyebutkan datang di pelantikan. So pasti lah, Pak Presiden datang di pelantikan nanti 20 Oktober,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 8 Oktober 2024.

Menurut Pratikno, Jokowi dan Prabowo dapat melakukan pisah sambut di Istana Kepresidenan Jakarta, usai pelantikan. Prosesi ini juga dijalankan waktu Jokowi baru dilantik sebagai presiden terhadap tahun 2014, menggantikan Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Nah, sebab Pak Presiden kan nanti acaranya kan pisah sambut ya. Jadi sehabis pelantikan di DPR rencananya Presiden ke-7 (Jokowi) dapat lebih pernah berangkat ke Istana Merdeka, nanti Pak Presiden Prabowo menyusul untuk acara pisah sambut,” ucap Pratikno.

Pratikno mengemukakan tidak tersedia keputusan mantan presiden wajib datang di pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Namun, seperti biasanya, mantan-mantan presiden senantiasa datang waktu pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

“Pada waktu 2014 (Jokowi dilantik), Pak Presiden SBY dan Pak Wapres Boediono hadir. Jadi tersedia presiden dan presiden terpilih, wapres dan wapres terpilih sehabis pelantikan ubah posisi,” tutur Pratikno.

Sebut Jokowi Akan Sambut Prabowo di Istana Merdeka Usai Pelantikan

Kemudian Pratikno menyebutkan dapat tersedia acara pisah sambut di Istana Merdeka Jakarta, usai pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden RI terhadap 20 Oktober 2024. Nantinya, Presiden Jokowi dapat menyongsong Prabowo yang baru dilantik di Gedung DPR RI.

“Ada acara pisah sambut di Istana Merdeka sehabis pelantikan. Itu kan juga normalitas yang sepanjang ini berjalan (setiap perubahan presiden),” kata Pratikno.

Dia mengemukakan Jokowi dapat terutama dahulu ulang ke Istana Merdeka, usai menghadiri pelantikan Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wapres periode 2024-2029. Sementara itu, Prabowo dapat menyusul ke Istana Merdeka untuk prosesi pisah sambut.

“Nah, sebab Pak Presiden kan nanti acaranya kan pisah sambut ya. Jadi sehabis pelantikan di DPR rencananya Presiden ke-7 (Jokowi) dapat lebih pernah berangkat ke Istana Merdeka, nanti Pak Presiden Prabowo menyusul untuk acara pisah sambut,” tuturnya.

Sejumlah Kepala Negara Dikabarkan Akan Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran 20 Oktober 2024

Lalu Pratikno menyebut sejumlah kepala negara dapat menghadiri pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka jadi Presiden dan Wapres RI periode 2024-2029 di DPR RI terhadap 20 Oktober mendatang. Pihak Istana juga sedang menyesuaikan soal pertemuan Prabowo dan para kepala negara sebelum akan pelantikan di DPR.

“Nanti kita sedang arrange (atur), sebab tersedia lebih dari satu tamu negara, kepala negara yang dapat datang (pelantikan),” kata Pratikno.

Menurut dia, Presiden Joko Widodo atau Jokowi udah mengirimkan undangan pelantikan kepada sejumlah kepala negara sahabat. Namun, waktu ini pihak Istana tetap menunggu konfirmasi kehadiran para kepala negara di acara pelantikan Prabowo-Gibran.

“Jadi Pak Presiden Jokowi isyarat tangan undangan untuk kepala negara, tetapi nanti menunggu konfirmasi,” ujarnya.

Dia mengemukakan Prabowo dapat menyesuaikan pertemuan bersama dengan para kepala negara. Pratikno menjelaskan kementeriannya tetap berkoordinasi bersama dengan Kementerian Luar Negeri tentang kehadiran para kepala dan tamu negara.

“Nanti pasti dari Pak Prabowo dapat menyesuaikan pertemuan bagaimana nanti pertemuan bersama dengan presiden yang hadir. Tapi sekali lagi, itu tetap di dalam proses arangement dari timnya Pak Prabowo bersama dengan Kemenlu dan Kemensesneg,” tutur Pratikno.

Buka Kemungkinan Jokowi Pulang ke Solo Naik Pesawat Komersil Usai Pensiun

Pratikno mengakses kemungkinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pulang ke Solo, Jawa Tengah menaiki pesawat komersil, usai pensiun terhadap 20 Oktober 2024. Pratikno menyebutkan pihaknya udah mempersiapkan sekiranya Jokowi pulang ke Solo bersama dengan pesawat komersil.

“Nanti kita atur, jadi pokoknya komersil udah siap. Pokoknya udah siap,” kata dia.

Menurut dia, mantan-mantan presiden dan wakil presiden senantiasa mendapat pengamanan dari pasukan pengamanan presiden (Paspampres). Sehingga, nantinya Jokowi dapat senantiasa dijaga Paspampres, meski udah tak menjabat sebagai presiden.

“Kita ikuti keputusan protokol ya. Kan presiden sebagai mantan presiden senantiasa berhak untuk mendapatkan perlindungan pengamanan Paspampres, dan tersedia group tersendiri untuk mantan presiden dan wapres,” ucap dia.

Sebut Jokowi Akan Pulang ke Solo Usai Pelantikan

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengakses kemungkinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pulang ke Solo, Jawa Tengah menaiki pesawat komersil, usai pensiun terhadap 20 Oktober 2024.

Pratikno menyebutkan pihaknya udah mempersiapkan sekiranya Jokowi pulang ke Solo bersama dengan pesawat komersil.

“Nanti kita atur, jadi pokoknya komersil udah siap. Pokoknya udah siap,” terang dia.

Menurut dia, mantan-mantan presiden dan wakil presiden senantiasa mendapat pengamanan dari pasukan pengamanan presiden (Paspampres). Sehingga, nantinya Jokowi dapat senantiasa dijaga Paspampres, meski udah tak menjabat sebagai presiden.

“Kita ikuti keputusan protokol ya. Kan presiden sebagai mantan presiden senantiasa berhak untuk mendapatkan perlindungan pengamanan Paspampres, dan tersedia group tersendiri untuk mantan presiden dan wapres,” menyadari Pratikno.

You May Also Like

More From Author